Gerakan Penanaman Pohon dan Bersih-bersih Lingkungan Sekitar SD Negeri Sudirman Ambarawa

Gerakan Penanaman Pohon dan Bersih-bersih Lingkungan Sekitar SD Negeri Sudirman Ambarawa

Ambarawa, 20 Mei 2022

Kegiatan penanaman pohon dan bersih-bersih lingkungan sangat bermanfaat, dan sebaiknya dilakukan secara berkesinambungan. Karena selain dapat meningkatkan kerjasama TNI, Pemerintah Daerah, dan masyarakat dalam memelihara dan menjaga kelestarian lingkungan hidup, penanaman pohon dan gerakan kebersihan ini juga bertujuan untuk membangun kesadaran masyarakat dalam menjaga kondisi lingkungan agar terhindar dari pencemaran dan pengrusakan lingkungan.

Aktivitas manusia yang menimbulkan kerusakan lingkungan bisa mengancam populasi hewan dan tumbuhan yang hidup di alam. Maka penting bagi masyarakat untuk menyadari bahwa menjaga keseimbangan lingkungan merupakan suatu kewajiban.

Cara menjaga lingkungan dapat dilakukan dengan menanam pohon, mengelola sampah, mengurangi konsumsi daging, hingga menghemat air untuk mengurangi dampak pencemaran yang ada. Beberapa cara ini memang terdengar sepele namun memberikan dampak yang penting bagi lingkungan. Semakin banyak masyarakat yang melakukan upaya ini, maka semakin besar pula efek positif yang dihasilkan.

Melakukan penanaman pohon kembali atau reboisasi di hutan tropis berbagai negara, termasuk Indonesia. Bukan tanpa alasan, menanam pohon lebih banyak dapat membantu penyerapan karbon dioksida, yang termasuk salah satu bahan kimia pembentuk gas rumah kaca.

Berdasarkan penelitian, menanam pohon di sekitar dapat menghilangkan dua pertiga karbon buatan manusia. Lebih dari itu, menanam lebih banyak pohon akan meningkatkan keanekaragaman hayati, retensi air, kesehatan tanah, ketahanan pangan, dan pembangunan ekonomi masyarakat lokal.

Ayo Kita Jaga Alam dan Kebersihannya Untuk Menyelamatkan Masa Depan Bangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *