Koordinasi Usulan Jaringan Irigasi Tingkat Usaha Tani (JITUT) Kelompok Tani Kel. Ngampin

Koordinasi Usulan Jaringan Irigasi Tingkat Usaha Tani (JITUT) Kelompok Tani Kel. Ngampin

Ambarawa, 30 Mei 2022

Air merupakan salah satu faktor penentu (determinan) dalam proses produksi pertanian. Oleh karena itu investasi irigasi menjadi sangat penting dan strategis dalam penyediaan air untuk pertanian.

Dalam memenuhi kebutuhan air untuk berbagai keperluan usaha tani, maka air harus diberikan dalam jumlah, waktu dan mutu yang tepat. Jika tidak, pertumbuhan tanaman akan terganggu akibat tidak adanya sumber kebutuhan tanaman yaitu berupa air.

Program JITUT (Jaringan Irigasi Tingkat Usaha Tani) ini bertujuan memberi manfaat bagi petani, karena dapat memperlancar aliran debit air sehingga mempercepat pengairan areal pertanian. Hal ini tidak lepas dari sentralnya peran air terhadap keberlangsungan dunia pertanian.

Tujuannya untuk meningkatkan kinerja Jaringan Irigasi Desa (JIDES) dan Jaringan Irigasi Tingkat Usaha Tani (JITUT) sehingga dapat meningkatkan fungsi layanan irigasi. Meningkatkan perluasan areal tanam, indek pertanaman dan produktivitas, serta membangun rasa memiliki terhadap jaringan irigasi yang telah direhabilitasi.

Harapannya kelompok tani beserta anggotanya selalu berpartisipasi dalam perawatan dan pemeliharaan terhadap JITUT / JIDES yang sudah atau yang  akan dibangun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *