Operasi Yustisi Protokol Kesehatan Covid-19 dan Pemantauan Pemadaman Lampu PJU di Wilayah Kecamatan Ambarawa

Operasi Yustisi Protokol Kesehatan Covid-19 dan Pemantauan Pemadaman Lampu PJU di Wilayah Kecamatan Ambarawa

Ambarawa, 12 Juli 2021

Operasi yustisi penggunaan masker sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya memakai masker yang dilaksanakan di Alun-alun Ambarawa. Operasi yustisi penggunaan masker ini dilaksanakan oleh Satgas Covid-19 Kecamatan Ambarawa dan Puskesmas Ambarawa.

Operasi yustisi penggunaan masker merupakan salah satu usaha dari Pemerintah Daerah bersama instansi vertikal untuk memberikan peringatan dan efek jera bagi masyarakat sehingga mau menggunakan masker demi memutus penyebaran Covid-19. Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini Pemerintah Daerah tidak bisa bekerja sendiri, butuh peran serta dan kesadaran langsung dari semua elemen masyarakat. Salah satunya dengan tertib menggunakan masker ketika melakukan kegiatan di luar rumah.

Sasaran dari operasi yustisi ini adalah masyarakat umum yang tidak mematuhi protokol kesehatan atau tidak memakai masker. Bagi yang melanggar langsung diberhentikan oleh petugas, diberi edukasi tentang pentingnya protokol kesehatan dan dibagikan masker secara gratis.

Pemerintah Kabupaten Semarang mengambil kebijakan mematikan lampu penerangan jalan umum (PJU) di sejumlah ruas jalan. Pemadaman ini bertujuan mengurangi mobilitas masyarakat guna menekan penyebaran Covid-19. Pemadaman tersebut dimulai pukul 18.00 hingga 03.00 WIB.

Selain pemadaman PJU di ruas jalan nasional, juga dilakukan penyekatan di U turn Pudakpayung, Nasmoco Karangjati, simpang Taman Bawen, dan perbatasan Sruwen-Tengaran. Bagi masyarakat yang akan melintas harus membawa dokumen perjalanan. Di antaranya sertifikat vaksin, surat keterangan negatif Covid-19 melalui tes antigen atau PCR, dan/atau membawa surat tugas dari instansi yang bersangkutan.

Selalu terapkan protokol kesehatan 5M dimanapun dan kapanpun :
1. Mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir
2. Memakai masker dengan baik dan benar
3. Menjaga jarak minimal 2 meter
4. Menjauhi kerumunan
5. Membatasi mobilitas dan interaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *