Pelaksanaan Senam Tera di Jembatan Biru Sumurup Rawa Pening

Pelaksanaan Senam Tera di Jembatan Biru Sumurup Rawa Pening

Ambarawa, 13 Mei 2022

Senam Tera merupakan senam persendian dan senam pernafasan yang diadopsi dari Senam Tai Chi yang berasal dari negeri Cina. Kata Tera sendiri berasal dari kata terapi yang berarti olah raga yang berfungsi sebagai terapi atau pengobatan.

Senam bersama yang sangat digemari di Indonesia ini terdiri dari sejumlah gerakan yang sangat mudah untuk diikuti yang menjanjikan kebugaran tubuh pada setiap gerakannya.

Senam Tera Indonesia terdiri dari tiga gerakan senam meliputi Senam Peregangan, Senam Persendian dan Senam Pernafasan Pokok dan Lanjutan. Pada senam pernafasan pokok terdapat 20 macam gerakan dengan tujuan meningkatkan kemampuan paru-paru agar dapat memenuhi kebutuhan oksigenyang sangat diperlukan dalam metabolisme tubuh manusia. Demikian juga halnya dengan senam pernafasan lanjutan yang terdapat 20 gerakan. Sementara untuk senam persendian terdiri dari 25 macam gerakan yang mempunyai nilai aerobik yang cukup tinggi dan sangat bermanfaat bagi kesehatan mental atau semangat kerja. Apabila diakumulasikan, seluruh gerakan Senam Tera Indonesia terdiri dari 82 gerakan dengan total 310 ketukan setiap menitnya.

Melalui senam yang dilakukan ini, dapat memberi pengaruh untuk kesehatan, termasuk meningkatkan fungsi kognitif. Di sisi lain, senam ini juga membantuk oksigen masuk ke otak dan mempengaruhi, sehingga fungsi otak akan ikut mengalami peningkatan dalam mempertahankan daya tahan otot.

Senam yang dilakukan dengan baik dan benar akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar serta membuat jiwa menjadi tenteram dan indah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *