Pemantauan Pelaksanaan Vaksinasi Forkompinda Kabupaten Semarang di Puskesmas Ambarawa

Pemantauan Pelaksanaan Vaksinasi oleh Forkompinda Kabupaten Semarang di Puskesmas Ambarawa

Ambarawa, 3 Juni 2021

Program vaksinasi telah dijalankan oleh pemerintah sebagai salah upaya untuk memutus rantai penyebaran infeksi virus Covid-19 dan menekan angka kasus Covid-19 yang masih terus meningkat.

Vaksin adalah zat atau senyawa yang berfungsi untuk membentuk kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit. Kandungan vaksin dapat berupa bakteri atau virus yang telah dilemahkan atau dimatikan, bisa juga berupa bagian dari bakteri atau virus tersebut. Vaksin dapat diberikan dalam bentuk suntikan, tetes minum, atau melalui uap (aerosol).

Vaksinasi adalah proses pemberian vaksin ke dalam tubuh. Jika seseorang sudah mendapat vaksin untuk suatu penyakit, tubuhnya akan dapat dengan cepat membentuk antibodi untuk melawan kuman atau virus penyebab penyakit tersebut di saat nantinya ia terpapar. Oleh karena itu, vaksinasi penting dilakukan sebagai bentuk perlindungan diri terhadap penyakit, terutama pada masa pandemi Covid-19 ini.

Manfaat pemberian vaksin adalah mencegah penularan penyakit, terutama penyakit infeksi, karena vaksin membuat tubuh mengenali bakteri atau virus penyebab penyakit sehingga bisa lebih cepat memberikan perlawanan.

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 sudah masuk pada tahap 2 untuk pelaksanaan vaksinasi bagi lansia dan petugas pelayanan publik. Jadwal pelaksanaan vaksinasi untuk hari ini ditujukan kepada lansia dan RT, RW, lembaga kelurahan Kupang dan Panjang.

Pemberian vaksin diharapkan bisa ikut melindungi orang lain yang belum mendapat vaksin, yakni mencegah terjadinya infeksi dan penularan atau mencegah gejala berat yang berakibat fatal jika mereka tetap terinfeksi virus. Selain itu, orang yang sudah divaksin dan beraktivitas di luar rumah diharapkan tidak membawa virus penyebab penyakit ke dalam rumah.

Diharapkan juga kepada seluruh masyarakat, walaupun sudah divaksinasi, harus tetap mematuhi protokol kesehatan 5M, yakni dengan mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir, memakai masker, menjaga jarak, membatasi mobilitas dan interaksi serta menjauhi kerumunan. Karena vaksin bukanlah obat dan vaksin merupakan salah satu cara untuk bisa mengendalikan pandemi Covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *