Pendampingan Pemantauan Harga dan Kesediaan Stok Kebutuhan Masyarakat di Pasar Projo Ambarawa

Pendampingan Pemantauan Harga dan Kesediaan Stok Kebutuhan Masyarakat di Pasar Projo Ambarawa

Ambarawa, 23 Desember 2021

Kegiatan Pemantauan Harga dan Pasokan Pangan di Pasar Projo Ambarawa dimaksudkan untuk memantau pergerakan harga dan pasokan pangan di tingkat produsen, pedagang grosir dan pedagang eceran dan untuk kestabilan harga pangan dalam periode Natal 2021 dan menyambut tahun baru 2022. Kegiatan ini dilakukan oleh Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Semarang beserta Forkompincam Ambarawa.

Kegiatan Pemantauan Harga dan Pasokan Pangan bertujuan untuk tercapainya ketersediaan bahan pangan utama dengan harga yang stabil dan tersedianya data panel/informasi harga dan pasokan pangan di tingkat produsen (penggilingan), pedagang grosir dan pedagang eceran secara berkala, data tersebut bisa digunakan sebagai indikator pengambilan kebijakan jika sewaktu-waktu ada ketidak stabilan harga dan pasokan pangan di pasar.

Bahan pangan yang dipantau meliputi beras, Jagung, Kedelai, Bawang Merah, bawang Putih (bonggol/biasa), Bawang Putih (Kating) , Cabai Merah Keriting, Cabai Rawit, Gula Pasir Lokal, Daging Ayam Ras dan Telur Ayam Ras.

Sasaran kegiatan Pemantauan Harga dan Pasokan Pangan yaitu tersedianya data/informasi yang cepat dan akurat tentang harga dan pasokan pangan, baik nasional maupun daerah (provinsi dan kabupaten/ kota) sebagai bahan deteksi dini guna mengantisipasi terjadinya gejolak harga dan kelangkaan pasokan pangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *