Penghargaan Juara III Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Tingkat Kabupaten Semarang Tahun 2021

Penghargaan Juara III Petugas Lapangan Keluraga Berencana (PLKB) Tingkat Kabupaten Semarang Tahun 2021

Ambarawa, 15 Maret 2021

PLKB/PKB adalah Pegawai Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten/Kota berkedudukan di Desa/Kelurahan yang bertugas melaksanakan/mengelola, menggerakkan, memberdayakan serta menggalang dan mengembangkan kemitraan dengan berbagai pihak dalam pelaksanaan program KB bersama institusi masyarakat pedesaan/perkotaan ditingkatan Desa/Kelurahan.

PLKB mempunyai fungsi merencanakan, mengorganisasian, mengembangkan, melaporkan dan mengevaluasi program KB Nasional dan Program pembangunan lainnya ditingkat Desa/ Kelurahan.

PLKB memiliki beberapa tugas, diantaranya adalah :

  • Melakukan konsolidasi dengan semua pihak terkait untuk menyusun rencana pelaksanaan kegiatan program KB Nasional ditingkat lini lapangan.
  • Mengumpulkan dan mengolah data mengenai aspek-aspek demografis, sosial budaya, geografis, tingkat peran serta masyarakat dan IMP sebagai bahan analisis dan evaluasi di tingkat desa.
  • Melakukan kunjungan/ pendekataankepada tokoh formal/ informal dalam rangka pendekatan untuk memperoleh kesepakatan operasional dalam program KB Nasional.
  • Melakukan penggerakan kepada masyarakat dan IMP agar lebih aktif berperan dalam program KB Nasional di wilayah kerjanya (desa).
  • Mengumpulkan data dan informasi masalah serta melakukan pembahasan masalah bersama Kader/ Poktan dan pihak-pihak terkait dalam pertemuan
  • Melakukan hubungan kerjasama dengan pihak terkait ditingkat desa untuk memperoleh dukungan dalam kegiatan koordinasi pelaksanaan program KB ditingkat desa.
  • Menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi dalam pelaksanaan tugas pekerjaannya.
  • Menyampaikan laporan kepada camat dan PPLKB/ Ka. UPTD/Koordinator/ Kepala Cabang Dinas dengan tembusannya Kepala Desa mengenai tugas pekerjaan yang telah selesai dilaksanakan.
  • Melakukan tugas pekerjaan lainnya sesuai petunjuk Kepala Desa.

Penghargaan Juara III Petugas Lapangan Keluraga Berencana (PLKB) Tingkat Kabupaten Semarang Tahun 2021 diberikan kepada Titik Siti Nurjanah dari PKB Ambarawa.

Author: Admin Kecamatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *