Pentasyarufan dan Peringatan Nuzulul Qur'an 1443 H oleh UPZIS-BAZNAS Kecamatan Ambarawa

Pentasyarufan dan Peringatan Nuzulul Qur’an 1443 H oleh UPZIS-BAZNAS Kecamatan Ambarawa

Ambarawa, 26 April 2022

Unit Pengumpul Zakat Infaq Shodaqoh (UPZIS)-Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kecamatan Ambarawa menyelenggarakan kegiatan Pentasyarufan Zakat, Infaq dan Shodaqoh kepada Fuquro Wal Masakin sekaligus peringatan Nuzulul Qur’an Tahun 1443 H, Selasa (26/4/2021) di Pendopo Kantor Kecamatan Ambarawa.

UPZIS sebagai bagian dari BAZNAS Kabupaten Semarang selalu melakukan penggalangan zakat, infaq dan shodaqoh sesuai ketentuan dari Pemerintah.

Zakat, Infaq, Shodaqoh yang terkumpul di UPZIS-BAZNAS Kecamatan Ambarawa merupakan zakat dari Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang dan juga masyarakat umum di wilayah Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang. Ketua UPZIS-BAZNAS Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh ASN di Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang yang telah berpartisipasi dalam menyalurkan zakat melalui UPZIS-BAZNAS Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang.

Zakat, infaq, shodaqoh yang terkumpul setiap bulannya di UPZIS-BAZNAS Kecamatan Ambarawa disetorkan ke BAZNAS Kabupaten Semarang, kemudian sebagian kembali kepada kita untuk disalurkan kepada para mustahiq (orang-orang yang berhak menerima zakat).

UPZIS BAZNAS Kecamatan Ambarawa melaksanakan pentasyarufan secara simbolis pada masyarakat yang berhak menerima zakat (mustahiq). Dana ZIS dan tambahan dana pengumpulan program kupon infaq ramadhan 1443 H sebesar Rp 115,671 juta disalurkan kepada 623 mustahik yang terdiri dari fakir miskin di desa/kelurahan, biaya pendidikan siswa TK/BA/RA, badko TPA/TPQ, guru wiyata TK/BA/RA, guru wiyata SD, siswa SD/MI, guru wiyata SD/MI, guru wiyata SMP/MTs, guru wiyata SMA/SMK, guru ngaji, honorer dan yatim piatu di lingkungan YonKav 2/Turangga Ceta, panti asuhan, fisabilillah, bantuan perbaikan mushola korwil biddik Ambarawa serta mualaf di wilayah Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang.

Dalam acara ini juga sekaligus memperingati Nuzulul Qur’an yang sangat penting bagi kita untuk senantiasa mengenang peristiwa besar mukjizat diturunkannya Al Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW. Bulan Ramadan ini salah satu amalan yang menyiapkan begitu banyak pahala adalah dengan membaca, memahami dan mengamalkan Al Qur’an. Dimana membaca Al Qur’an pahalanya dilipatgandakan di bulan Ramadhan, apalagi jika kita menghayati dan mengetahui lebih jauh apa yang ada di Al Qur’an yang menjadi pedoman bagi kita dalam kehidupan sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *