Penyaluran BLT BBM 2022 di Pendopo Kantor Kecamatan Ambarawa Hari Pertama

Penyaluran BLT BBM 2022 di Pendopo Kantor Kecamatan Ambarawa Hari Pertama

Ambarawa, 15 September 2022

Pemerintah memastikan bantuan sosial (bansos) tambahan berupa bantuan langsung tunai (BLT) bahan bakar minyak (BBM) sudah mulai disalurkan dan diterima oleh kelompok masyarakat rentan dan miskin. Keputusan pemerintah untuk menambah bansos merupakan bentuk kepedulian Pemerintah terkait kenaikan harga BBM beberapa waktu lalu. Bantuan yang diberikan ini diharapkan dapat menjadi bantalan masyarakat di tengah kenaikan harga bensin subsidi yang dikhawatirkan ikut mengerek harga barang dan jasa lainnya.

Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bisa mendapatkan BLT BBM 2022 yang dapat dicairkan di PT Pos Indonesia atau Kantor Pos. Selain itu juga bisa disalurkan di Instansi Pemerintah yang telah disetujui oleh para pihak terkait.

Penting untuk diketahui, masyarakat yang dinyatakan berhak menerima BLT BBM 2022 ialah KPM yang juga termasuk sebagai penerima bansos reguler seperti BPNT dan PKH.

Sesuai peraturan yang berlaku, penerima BPNT dan PKH wajib terdaftar terlebih dahulu di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos).

Oleh karena itu, masyarakat penerima BLT BBM 2022 pun harus terdaftar di DTKS Kemensos terlebih dahulu. Masyarakat bisa segera DTKS Kemensos secara online di aplikasi Cek Bansos agar bisa segera mendapatkan BLT BBM 2022.

Sebelum mencairkan BLT BBM, masyarakat bisa memastikan nama penerima bantuan ini terlebih dahulu di link cekbansos.kemensos.go.id.

Dengan mengakses link cekbansos.kemensos.go.id, KPM bisa mengetahui apakah BLT BBM 2022 sudah dapat dicairkan atau belum.

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan cek nama penerima BLT BBM 2022 di link cekbansos.kemensos.go.id secara online.

– Siapkan KTP dan HP KPM, kemudian buka link cekbansos.kemensos.go.id di Google atau browser lain yang tersedia di HP.

– Jika link cekbansos.kemensos.go.id telah terakses, masyarakat bisa langsung mengisi data domisili seperti Provinsi dan Kota/Kabupaten tempat tinggal, serta nama lengkap sesuai KTP.

– Setelah mengisi seluruh data, lakukan verifikasi captcha dengan cara memasukkan kode berupa delapan huruf di kotak pengisian yang telah disediakan.

– Terakhir, KPM silakan untuk klik ‘CARI DATA’.

Sistem membutuhkan waktu untuk memproses data Anda. Jika Anda dinyatakan berhak menerima BLT BBM 2022, segera cairkan bantuan ini di Kantor Pos terdekat.

BLT BBM pada hari ini diberikan kepada warga Ambarawa sebanyak 1.040 KPM yang disalurkan di Pendopo Kantor Kecamatan Ambarawa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *