Penyerahan Penggalangan Dana Masyarakat Ambarawa kepada BPBD Kabupaten Semarang untuk Disalurkan kepada Warga yang Terkena Bencana Erupsi Gunung Semeru

Penyerahan Penggalangan Dana Masyarakat Ambarawa kepada BPBD Kabupaten Semarang untuk Disalurkan kepada Warga yang Terkena Bencana Erupsi Gunung Semeru

Ambarawa, 28 Desember 2021

Musibah bencana alam yang melanda warga di sekitar Gunung Semeru menimbulkan korban jiwa, kerugian materi, maupun non materi. Dikutip dari BNPB, total 13 warga meninggal dunia dan 41 warga lainnya mengalami luka-luka (khususnya luka bakar). Banyak warga yang mengungsi sebagai dampak dari sebaran awan panas dan juga abu vulkanik. Beberapa rumah warga dan jembatan penghubung Lumajang-Malang juga tertutup material vulkanik. Pantauan dari kondisi udara menunjukkan tingkat polusi yang tinggi sehingga meningkatkan risiko dari kelompok rentan seperti lansia, ibu hamil, dengan disabilitas, dan anak-anak.

Penggalangan bantuan sosial masyarakat Kecamatan Ambarawa melalui Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Ambarawa berhasil mengumpulkan dana senilai Rp 58.766.000 yang diberikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Semarang untuk nantinya disalurkan kepada warga yang terkena bencana erupsi Gunung Semeru. Langkah ini merupakan wujud solidaritas dan kesetiakawanan sosial pemerintah daerah dan warga Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang.

Diharapkan bantuan yang disalurkan tersebut dapat membantu meringankan beban masyarakat terdampak bencana alam erupsi Gunung Semeru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *