Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ke-77 Tahun 2022

Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ke-77 Tahun 2022

Ambarawa, 5 Oktober 2022

Hari ulang tahun Tentara Nasional Indonesia (HUT TNI) jatuh pada hari ini, Rabu, 5 Oktober 2022. Tahun ini, TNI merayakan hari jadi ke-77 dengan tema “TNI adalah Kita”.

TNI lahir dari Badan Keamanan Rakyat (BKR) yang bertujuan untuk menjamin ketenteraman umum. Setelah Indonesia merdeka, tepatnya pada 5 Oktober 1945, BKR berkembang dan berganti nama menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR). TKR ini yang menjadi cikal bakal TNI sekarang.

TNI merupakan angkatan bersenjata Indonesia. Sebagai pasukan bersenjata, TNI berperan menjadi alat negara di bidang pertahanan. Dikutip dari laman TNI, dalam menjalankan tugas di bidang pertahanan, TNI berdasarkan pada kebijakan dan keputusan politik negara. Adapun TNI sebagai alat pertahanan negara memiliki fungsi menangkal setiap bentuk ancaman militer dan bersenjata dari luar dan dalam negeri terhadap kedaulatan, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa. TNI juga berfungsi sebagai penindak terhadap setiap bentuk ancaman dan pemulih kondisi keamanan negara yang terganggu akibat kekacauan keamanan.

Tentara adalah kekuatan terbesar bagi negara mana pun dan juga kebanggaan negara. Kami doakan agar para tentara Indonesia dapat menjunjung tinggi harkat dan martabat bangsa. Kami ucapkan terima kasih kepada semua prajurit yang menempatkan bangsa dan saudara sebangsa mereka di atas diri mereka sendiri dan keluarga mereka. Semoga Anda semua selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa.

Jasa yang tak mampu dibeli dengan harta adalah perjuangan merdeka atau mati. Selamat berjuang para prajurit TNI yang membela kebenaran dengan hati. Semoga TNI semakin jaya dalam melindungi harkat dan martabat bangsa dan negara Indonesia. Selamat ulang tahun TNI 2022. TNI ADALAH KITA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *