Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad S.A.W. Tahun 2022

Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad S.A.W. Tahun 2022

Ambarawa, 8 Oktober 2022

Hari ini, Sabtu, 8 Oktober 2022 bertepatan dengan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW atau Maulid Nabi. Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan hari yang sangat bersejarah dan disyukuri oleh seluruh umat Islam di dunia.

Dilansir dari website NU Jabar, Maulid Nabi sudah dilakukan oleh masyarakat Muslim sejak tahun kedua hijriah. Catatan tersebut merujuk pada Nuruddin Ali dalam kitabnya Wafa’ul Wafa bi Akhbar Darul Mustafa.

Selain itu, dalam catatan tersebut juga dijelaskan bahwa seseorang yang bernama Khaizuran (170 H/786 M) yang merupakan ibu dari Amirul Mukminin Musa al-Hadi dan al-Rasyid datang ke Madinah dan memerintahkan penduduk mengadakan perayaan kelahiran Nabi Muhammad di Masjid Nabawi.

Dari Madinah, Khaizuran juga menyambangi Makkah dan melakukan perintah yang sama kepada penduduk Makkah untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad. Jika di Madinah bertempat di masjid, Khaizuran memerintahkan kepada penduduk Makkah untuk merayakan Maulid di rumah-rumah mereka.

Nabi Muhammad SAW diyakini lahir pada 12 Rabiul Awwal Tahun Gajah (570 Masehi). Kini, momen kelahiran Nabi Muhammad SAW pada 12 Rabiul Awwal diperingati oleh Muslim di seluruh dunia dengan perayaan Maulid.

Tak terkecuali di Indonesia, peringatan Maulid Nabi SAW dilakukan dengan berbagai ekspresi. Masyarakat Jawa, misalnya, merayakan Maulid dengan membaca Manakib Nabi Muhammad dalam Kitab Maulid Barzanji, Maulid Simtud Dhurar, Diba’, Saroful Anam, Burdah, dan lain-lain.

Selesai membaca Manakib Nabi Muhammad SAW, biasanya masyarakat menyantap makanan bersama-sama yang disediakan secara gotong royong oleh warga. Masyarakat Muslim tidak hanya bergembira merayakan kelahiran Nabi, tetapi juga bersyukur atas teladan, jalan hidup, dan tuntunan yang dibawa oleh Nabi.

Sejarah singkat Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW adalah keturunan Bani Hasyim, salah satu klan Suku Quraisy yang paling dihormati. Nabi Muhammad SAW adalah putra Abdullah bin Abdul Muthalib dari Bani Hasyim dan Aminah binti Wahab dari Bani Zuhrah.

Hari kelahiran Nabi Muhammad SAW adalah hari bersejarah di Kota Mekkah. Pada hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, Kota Mekkah diserbu pasukan gajah yang dipimpin Raja Abrahah.

Raja Abrahah ingin menghancurkan Ka’bah. Raja Abrahah tak ingin umat manusia mendatangi dan berdoa di Ka’bah. Namun, kawanan burung Ababil dengan batu dari tanah terbakar berhasil menumpas pasukan gajah.

Nabi Muhammad SAW lahir dalam keadaan yatim. Dua bulan Aminah menanggung Nabi Muhammad SAW, ayahnya meninggal dunia. Nabi Muhammad SAW juga harus kehilangan ibunya saat usia 6 tahun. Dua tahun kemudian, kakeknya, Abdul Muthalib juga meninggal dunia.

Nabi Muhammad kemudian dijaga oleh pamannya, Abu Thalib, hingga dewasa. Sejak kecil, orang Mekkah menghormati Nabi Muhammad karena sifat kejujurannya.

Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 12 Rabiul Awal 1444 H/2022. Jadikan Maulid Nabi Muhammad SAW sebagai momentum untuk memperbaiki diri dan meneladani kehidupan Nabi Muhammad agar selamat dunia dan akhirat. Mari jadikan momen yang besar ini untuk mempererat tali persaudaraan setiap muslim karena Nabi Muhammad SAW adalah suri teladan yang mampu menunjukkan kepada kita kepatuhan dan kesetiaan, hak, kebenaran, belas kasihan dan hati nurani, keadilan, kebajikan, kesabaran dan toleransi dengan kehidupan teladannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *