Sosialisasi Pemanfaatan Internet Bagi Desa

Sosialisasi Pemanfaatan Internet Bagi Desa

Ambarawa, 27 Juni 2022

Secara harfiah, Internet kependekan dari Interconnected-Networking yang merupakan rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Secara keseluruhan Internet adalah jaringan besar yang saling berhubungan dari jaringan-jaringan komputer yang menghubungkan orang-orang dan komputer-komputer diseluruh dunia, melalui telepon, satelit dan sistem-sistem komunikasi yang lain. Internet dibentuk oleh jutaan komputer yang terhubung bersama dari seluruh dunia, memberi jalan bagi informasi (mulai dari text, gambar, audio, video dan lainnya) untuk dapat dikirim dan dinikmati bersama.

Manfaat internet dalam kehidupan sehari-hari sangatlah banyak, tak terkecuali manfaat internet bagi desa. Pada saat ini, desa tidak lagi menjadi sesuatu yang dianggap sebagai luar peradaban oleh warga kota. Berbagai fasilitas seperti jaringan listrik dan juga bahkan internet sudah berkembang jauh dan memberikan berbagai manfaat untuk perkembangan desa terutama untuk pengembangan ekonomi desa. Warga desa tidak lagi mengandalkan satu sumber pendapatan saja melainkan bisa lebih dari satu pendapatan melalui internet.

Pasalnya, kemudahan pertama yang didapat dari internet sebagai sarana untuk membangun ekonomi desa membuka banyak jalan secara mudah dan juga instan serta efektif. Hal yang pertama dibuka adalah pengetahuan untuk memanfaatkan apa yang ada dalam desa yang memiliki nilai jual yang tinggi baik jasa maupun produk.

Manfaat pertama penggunaan internet sebagai salah satu media untuk membangun ekonomi desa adalah sebagai media untuk promosi desa. Hal ini sangat penting untuk desa yang mengandalkan wisata sebagai salah satu pemanfaatan SDA pada desa atau pengembangannya sudah mengarah pada hal tersebut.

Melalui internet, promosi untuk menarik pengunjung pada wisata desa bisa diraih dengan waktu yang singkat, biaya yang terjangkau, dan yang terpenting adalah jangkauan promosi yang lebih luas. Diharapkan dari promosi melalui internet ini pariwisata di desa mendapatkan kunjungan lebih baik lagi dan mampu meningkatkan tingkat kesejahteraan ekonomi desa.

Manfaat kedua yang bisa dicapai dalam memanfaatkan internet sebagai media untuk membangun kesejahteraan ekonomi desa adalah sebagai jaringan komunikasi untuk pemasaran produk-produk hasil desa. Jaringan komunikasi ini penting untuk digunakan pasalnya, melalui internet warga desa mampu meraih pasar yang lebih luas dan tinggi.

Apabila pasar dari penjualan produk-produk di desa ini sebelumnya hanya mencapai tingkatan lokal hingga interlokal saja, melalui internet pangsa pasar untuk penjualan bisa mencapai tingkat internasional. Beberapa produk dari pedesaan yang bisa menembus pasar internasional seperti produk-produk barang kesenian seperti patung atau benda seni lainnya.

Sedangkan produk seperti produk hasil perkebunan yang bisa diandalkan untuk menembus pasar internasional seperti kopi dan coklat bisa diatur dengan asosiasi tertentu sehingga mampu menjaga keaslian dan kualitas dari produksinya.

Manfaat ketiga yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatka kesejahteraan dalam hal ekonomi desa adalah sebagai media yang mampu memberikan edukasi bagi warga desa, seperti melalui situs internet desa, sehingga warga desa mampu mencapai kompetensi dan skill yang mampu bersaing di kancah internasional.

Namun, dalam pemanfaatan internet untuk mencapai ketiga poin diatas, perlu adanya tahapan tahapan yang ditentukan oleh pemerintah setempat. Mulai dari bagaimana penetrasi internet di desa dan cara untuk meningkatkannya, bagaimana situs internet untuk desa dikembangkan serta dimanfaatkan, lalu bagaimana warga memperoleh edukasi tentang internet itu sendiri.

Dengan tahapan-tahapan tersebut, diharapkan warga mampu meningkatkan pemahamannya akan internet yang kemudian membuat kemandirian dalam memanfaatkan internet secara baik dan benar sehingga meningkatkan kesejahteraan terutama dalam bidang ekonomi desa. Namun, hal ini takkan terwujud tanpa adanya partisipasi dari warga desa itu sendiri.

Oleh karena itulah, perlu adanya gerakan sadar internet di desa sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh semua kalangan dan golongan di desa.

Dalam kegiatan ini, tamu undangan terdiri dari perwakilan desa-desa dari Kecamatan Ambarawa, Kecamatan Banyubiru, Kecamatan Bandungan, Kecamatan Jambu dan Kecamatan Sumowono.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *