SOSIALISASI PROGRAM VAKSINASI DI DESA PASEKAN KECAMATAN AMBARAWA

SOSIALISASI PROGRAM VAKSINASI DI DESA PASEKAN KECAMATAN AMBARAWA

Ambarawa, 24 Mei 2021

Sehubungan dengan telah dimulainya pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dengan target masyarakat dengan lanjut usia (lansia), Puskesmas Ambarawa dan Pemerintah Kecamatan Ambarawa kembali melakukan sosialisasi program vaksinasi pada Senin (24/5/2021).

Sampai dengan saat ini Pemerintah Daerah telah melakukan berbagai upaya dan ikhtiar untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Semarang. Salah satu upaya paling efektif yang dilakukan dalam mencegah penyebaran Covid-19 adalah dengan menerapkan 5M yakni dengan mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, membatasi mobilitas dan interaksi serta menjauhi kerumunan. Selain dengan menerapkan 5M, ikhtiar yang diambil oleh Pemerintah adalah melalui pelaksanaan vaksinasi. Pelaksanaan vaksinasi ini akan berhasil dan efektif apabila telah dilaksanakan vaksin terhadap minimal 70% dari total seluruh masyarakat.

Oleh karena itu, Pemerintah Kecamatan Ambarawa dan Puskesmas Ambarawa mengajak seluruh lapisan masyarakat Desa Pasekan untuk bersama-sama mensukseskan pelaksanaan vaksinasi ini, sehingga setiap tahapan-tahapan dalam pelaksanaannya dapat berjalan dengan lancar dan aman.

Tujuan dilaksanakannya program vaksinasi adalah untuk mengurangi transmisi/penularan Covid-19, menurunkan angka kematian atau kesakitan, mencapai kekebalan kelompok (herd Immunity), dan melindungi masyarakat agar tetap produktif secara sosial ekonomi.

Untuk itu sosialisasi ini bertujuan guna menyampaikan informasi-informasi terkait persiapan pelaksanaan vaksinasi di Kecamatan Ambarawa sesuai dengan data dan fakta, agar tidak terjadi salah persepsi di tengah-tengah masyarakat. Ditegaskan juga sebagai pemahaman masyarakat bahwa vaksin bukanlah obat, vaksin merupakan upaya pencegahan Covid-19.

Diharapkan juga kepada seluruh masyarakat, walaupun sudah divaksinasi, harus tetap mematuhi 5M, yakni dengan mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, membatasi mobilitas dan interaksi serta menjauhi kerumunan. Karena vaksin bukanlah obat dan vaksin merupakan salah satu cara untuk bisa mengendalikan pandemi Covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *