Sosialisasi Strategi Pemerataan Energi Jawa Tengah Melalui Pertashop Dengan Video Teleconference

Sosialisasi Strategi Pemerataan Energi Jawa Tengah Melalui Pertashop Dengan Video Teleconference

Ambarawa, 29 April 2021

Upaya pemenuhan kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) secara merata, aman dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan sosialisasi strategi pemerataan energi Jawa Tengah melalui pertashop dengan Zoom Meeting.

Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah kembali melakukan sosialisasi peluang usaha Pertashop dan kali ini kepada badan usaha milik desa (BUMDes) se-Jawa Tengah, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) setiap kabupaten di Jawa Tengah dan pemangku kepentingan lainnya.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan dukungannya terhadap kehadiran Pertashop di tengah masyarakat karena sejalan dengan tujuan pemerintah dalam memeratakan energi dengan harga yang sama hingga ke pelosok.

Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sujarwanto dalam kesempatan tersebut mengingatkan kepada para aparat desa dan kecamatan yang ada di daerah atau BUMDes agar berhati-hati dan diminta mengikuti regulasi yang ada seperti dalam hal perizinan. Pemerintah desa harus memastikan legalitas badan usaha bahan bakar minyak ketika bekerja sama untuk penyaluran BBM ke desa, di mana wajib memiliki izin usaha niaga umum yang diterbitkan oleh Ditjen Migas

Pertashop merupakan salah satu upaya Pertamina untuk menyalurkan energi hingga pelosok negeri dan telah mendapat dukungan dari pemerintah pusat, salah satunya melalui Kementerian Dalam Negeri. Pertamina menargetkan setiap kecamatan di seluruh Indonesia dapat memiliki Pertashop dengan Program One Village One Outlet (OVOO).

Selain dari kementerian, katanya, program Pertashop juga mendapat dukungan dari sejumlah perusahaan perbankan, khususnya dalam penyediaan modal usaha. Beberapa perbankan di antaranya Mandiri, BNI, BRI yang sudah bekerja sama dengan Pertamina dalam permodalan pendirian Pertashop.

Pertashop menyediakan kebutuhan bahan bakar minyak dan produk lainnya yang kualitas dan keamanannya terjamin memenuhi standar dan memenuhi perizinan. Selain itu harga produknya juga setara dengan harga yang dijual di SPBU, untuk itu konsumen di pedesaan dapat menikmati bahan bakar yang lebih merata.

Kehadiran Pertashop di tengah desa juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dengan mendekatkan sumber penyaluran energi yang aman dan berkualitas di tengah masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *